Thursday 24 July 2014

1 unit per 20 detik!


Oleh: Firda Amalia H

Hallo teman-teman,
Kali ini saya ingin sedikit menceritakan pengalaman saya saat mengunjungi Plant 3. Yaitu salah satu diantara tiga pabrik milik PT. Astra Honda Motor. Plant 3 beralamat di Kawasan Industri Mm2100 tepatnya di Jl. Raya Kalimantan Blok AA Cikarang Barat.
Seperti yang diketahui pada posting sebelumnya, PT. Astra Honda Motor mempunyai 3 pabrik produksi sepeda motor Honda. Di Plant 1 sekitar 3200 unit sepeda motor Honda diproduksi per hari. Plant 2 memproduksi sekitar 4200 unit sepeda motor Honda per hari. Sedangkan di Plant 3, produksi sepeda motor Honda mencapai sekitar 9600 unit per hari. Jadi, jika ditotal secara keseluruhan, perharinya PT. Astra Honda Motor memproduksi hingga 17.000 unit!!!
Di Plant 3, pabrik terbagi lagi menjadi Plant 3A dan Plant 3B. Di Plant 3A diproduksi sepeda motor Honda jenis Beat. Metik yang diidolakan para remaja dan telah mendapat penghargaan …….. ini, diproduksi dengan waktu yang sangat fantastis! 1 unit sepeda motor berteknologi PGM FI ini diproduksi dalam waktu 20 detik saja.
Bagaimana cara produksinya? Proses pertama yaitu casting komponen luar mesin. Selanjutnya machining komponen luar mesin. Setelah memproses mesin, kemudian dilanjutkan dengan proses body. Proses body yang pertama terdiri dari pengecetan, kedua penempelan stiker. Selanjutnya proses kerangka. Proses kerangka juga terbagi atas dua, yakni welding (pengelasan) dan pengecatan. Setelah semua komponen lengkap, barulah dilakukan proses assembling atau perakitan. Setelah motor selesai dirakit alias sudah jadi, barulah pengetesan terakhir.
Kakak-kakak yang bekerja di Plant 3A adalah orang-orang yang sudah ahli dan mahir. Mereka bekerja dengan sangat cekatan. Bahkan, kita tidak diizinkan mengobrol dengan mereka pada saat mereka bekerja. Beberapa bagian produksi di Plant 3A juga dilakukan dengan bantuan robot. Beberapa hal seperti tingginya suhu ruangan serta efisiensi waktu menjadi dasar pertimbangan dipekerjakannya robot-robot tersebut.
Demikian posting kali ini, semoga dapat bermanfaat. Ayo sekali-kali berkunjung ke salah satu pabrik sepeda motor Honda!!!

No comments:

Post a Comment